PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang layak yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli, angket respon siswa dan soal tes. Hasil penelitian menujukkan validasi LKS oleh ahli materi mendapat rerata skor validasi kelayakan isi 3,30 berkriteria “valid”, kebahasaan 3,50 berkriteria “valid”, penyajian 3,33 berkriteria “valid”, dan kegrafikaan 3,50 berkriteria “valid”. Validasi LKS oleh ahli media mendapat rerata skor 3,37 berkriteria “sangat valid”. Hasil angket respon siswa diperoleh rerata 4,07 berkriteria “Baik”. Prestasi belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 75% berkriteria “Baik”. Sehingga dapat disimpulkan LKS berbasis multiple intelligence dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa diukur dengan uji gain dengan peningkatan sebesar 54% berkriteria sedang. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada penerapan LKS berbasis multiple intelligence.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i1.4195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.